Tips Memilih Ayam Petarung Yang Bagus Untuk Pemacek Atau Indukan

Ayam pemacek sendiri adalah sebutan untuk ayam yang sudah siap untuk di kawinkan. Memang untuk memilih ayam pacek tidak boleh sembarangan, minimal usia ayam untuk pemacek adalah 1 tahun ke atas. Selain itu untuk mendapatkan anakan yang bagus, tentu anda juga membutuhkan pacek yang bagus pula. Dan berikut ini tips memilih Ayam Petarung untuk di jadikan pemacek yang bagus agar menghasilkan anakan jawara. Sebab sifat-sifat anakan nya nanti akan menurun dari indukan nya.

Nah, untuk memilih ayam pacek yang bagus anda bisa mengenali nya melalui fisik serta mental nya. Untuk urusan fisik, anda harus memilih ayam pacek yang memiliki tubuh serta tulangan yang besar, karena sifat anakan nya nanti akan lebih dominan ke pejantan nya maka dari itu agar menghasilkan anakan yang unggul dengan memiliki tubuh yang besar indukan nya sendiri juga harus memiliki tulangan yang bagus pula.

Selain itu pilihlah pacek yang memiliki paha yang gepeng serta keras. Hal ini menandakan bahwa ayam tersebut telah bertarung dalam banyak laga, selain itu pastikan bahwa ayam tersebut belum pernah mengalami kekalahan dalam pertarungan. Sebab jika hal itu terjadi maka anakan nya akan memiliki mental yang tidak terlalu bagus, karena menuruni sifat bapak nya yang pernah kalah.

Usahakan memilih penjantan yang sudah pernah memenangkan pertarungan sabung ayam. Hal ini akan menambah mental anakan nya kelak, selain itu bisa dipastikan anakan nya juga akan memiliki gen jawara dalam darah nya. Lalu pilih lah indukan yang tidak memiliki ciri atau cacat, sebab bisa jadi cacat tersebut akan menurun pada anakan nya nanti.

Lalu akan lebih bagus jika pacek yang anda beli sudah berumur 2 tahun atau lebih. Sebab semakin tua umur ayam pacek akan semakin bagus pula anakan nya nanti. Biasanya ayam aduan yang sudah tua akan pensiun dari arena pertarungan dan dijadikan pacek, hal ini sudah sangat umum di kalangan para botoh demi menghasilkan lagi ayam jawara pada anakan nya.

Selain memilih pejantan, anda juga harus memilih indukan betina yang bagus. Sebab indukan betina juga akan mewarisi sifat ke anakan nya kelak. Pilihlah indukan betina yang merupakan anakan dari ayam yang bagus, sebab untuk memilih indukan betina yang bagus akan sedikit kesulitan karena pada umum nya mereka memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam betina biasa.

Cara Mengawinkan Ayam Petarung Agar Cepat Bertelur

Memang dalam mengawinkan ayam aduan ada trik tersendiri agar ayam kita cepat mengasilkan telur. Trik pertama adalah dengan menyediakan kandang umbaran untuk indukan nya. Dalam kandang umbaran ini anda bisa menempatkan 1 ekor pejantan unggulan lalu dipasangkan dengan beberapa ekor betina. Dalam trik ini para ayam akan berkenalan secara alami, setelah dirasa cocok maka mereka akan segera melakukan perkawinan.

Trik kedua adalah dengan cara tesendiri. Tentu kita pernah menjumpai ayam betina yang enggan untuk melakukan perkawinan, padahal ayam tersebut sudah berumur dan sudah saat nya bertelur. Oleh karena nya anda bisa “memaksa” nya untuk melakukan perkawinan. Cara nya pegang ayam betina tersebut menghadap ke dalam, lalu anda bisa meletak kan ayam betina tersebut di depan pejantan. Meski sang pejantan tidak akan langsung mengawin nya namun anda bisa melakukan hal tersebut beberapa kali hingga sang pejantan mau.

Demikian artikel mengenai Memilih Ayam Petarung yang bagus untuk dijadikan pemacek, semoga bermanfaat.